Anda Pengunjung ke-

Homeschooling Starter


Saya Deska Pratiwi, ibu dari dua orang putra. Memulai belajar di Institut Ibu Profesional pada tahun 2017 dengan memasuki gerbang awal di kelas Matrikulasi Batch empat. Berlanjut masuk ke kelas Bunda Sayang Batch tiga hingga kini menapaki pembelajaran di kelas Bunda Cekatan Batch satu.

Di Kelas Buncek ini saya belajar dengan analogi metamorfosis kupu-kupu. Mulai dari tahap ulat untuk menemukan cara belajar yang tepat dan membuat peta untuk menemukan bidang yang akan dipelajari agar bisa menjadi seorang ibu yang cekatan.

Saya memilih empat bidang yang ingin dikuasai yaitu Pendidikan anak (Homeschooling), menulis, bisnis, dan dilengkapi dengan manajemen waktu.

Seiring perjalanan, ada satu bidang yang saya fokuskan yaitu Homeschooling. Sebab, ini menjadi kebutuhan untuk saya dan keluarga. Terutama untuk putra pertama saya yang akan memasuki tingkat sekolah dasar. Kami memilih jalur homeschooling untuk pendidikannya.

Karena itu, di tahap ulat saya bergabung dalam keluarga 24 H School yang terdiri dari para ibu homeschooler. Di sana saya belajar banyak hal terutama dari pengalaman para hs-ers.

Meski beberapa tahun sebelumnya saya pun sudah banyak mencari berbagai sumber, mengikuti Kulwhap, bahkan bergabung dalam grup WhatsApp Homeschooling yang membahas lengkap bagaimana memulai HS dari para praktisi.

Karena itu, pada tahap kupu-kupu saya ingin belajar lebih dalam pada seorang mentor yang sudah berpengalaman menjalankan homeschooling. Maka bertemulah saya dengan Uni Betty, seorang ibu yang sudah menjalankan 17 tahun homeschooling untuk putra-putrinya.

Di samping itu, saya pun menjadi mentor untuk bidang yang saya kuasai yaitu kepenulisan.

Homeschooling dan menulis memang dua bidang utama yang ada dalam Mind Map. Saya ingin fokus cekatan dalam keduanya. Pertama, untuk ilmu homeschooling yang sudah banyak saya pelajari selama kelas Buncek ini. Kedua, dalam hal kepenulisan saya memiliki project untuk menuliskan semua ilmu yang telah saya pelajari tentang Homeschooling.

Tak ingin ilmu yang saya peroleh selama ini hanya tersimpan dalam file handphone, maka saya memutuskan untuk menuliskannya menjadi sebuah buku.

Buku ini merupakan media saya untuk belajar bagaimana memulai homeschooling. Tujuan pertama saya menulis buku ini untuk menjadi pegangan pribadi dalam menjalankan homeschooling. Namun, saya pun memiliki mimpi besar yaitu ingin agar buku yang saya tulis ini juga bisa bermanfaat untuk banyak orang. Maka, saya harus menerbitkannya dan menebarkan kebermanfaatan melalui tulisan saya.

Semoga dari beberapa tahun perjalanan saya mempelajari tentang homeschooling bisa menginspirasi dan membantu khususnya bagi keluarga yang akan memulai homeschooling.
Sebab, saya pun merasakan bagaimana rasanya memutuskan sebuah keputusan besar untuk pendidikan anak dengan jalur homeschooling.

Maka, inilah persembahan istimewa dari saya untuk seluruh keluarga teristimewa. 💕

#jurnalpekankedua
#tahapkupukupu
#buncacekatan
#institutibuprofesional

0 Response to "Homeschooling Starter"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel