Hafal Tanpa Menghafal - Teh Deska Hafal Tanpa Menghafal - Teh Deska
TERBARU

Hafal Tanpa Menghafal


Untuk usia saat ini, Ziyad sangat kuat pada hafalan. Dia bisa hafal sesuatu tanpa menghafalnya. Bagaimana caranya?

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, bahwa Ziyad memiliki tipe belajar auditori. Cukup dengan mendengarkan ia bisa menghafal beberapa surat dalam Alquran.

Kemampuan ini tentu harus selalu diasah agar ia bisa berkembang sesuai dengan fitrahnya. Saya pun mulai menyadari bahwa fitrah anak itu adalah belajar. Karena itu, saya tak pernah menuntutnya untuk belajar sebab pada usia Ziyad saat ini memang ia lebih suka bermain. Namun fitrah belajar itu akan muncul saat ia sedang bermain.

Kembali tentang Hafalan tadi, alhamdulillah Ziyad sudah hafal beberapa surat dalam Alquran, nama-nama 25 Nabi, huruf hijaiyah, huruf alfabet, angka, sifat-sifat Allah, dan semuanya itu bisa dia hafal tanpa menghafal!

Jadi bingung ya? Hehe.
Karena sejatinya jika anak sudah senang belajar maka ia akan mudah mempelajari sesuatu.

Lalu, bagaimana membuatnya senang belajar? Buatlah agar ia bahagia. Ketika bahagia, hati merasa senang, maka pikiran pun akan terbuka.

Sama halnya seperti kita orang dewasa. Kalau sedang bahagia, pikiran dan hati pun menjadi lebih tentram, maka akan mudah menerima banyak hal. Tetapi sebaliknya, jika kita sedang bersedih, galau, marah, dan perasaan negatif lainnya maka sekeras apapun belajar akan sulit memahaminya.

Jadi, jangan lupa bahagia dan membahagiakan ya. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita. Aamiin. 😊

#harike6,
#Tantangan10hari,
#GameLevel4,
#GayaBelajarAnak,
#kuliahBunSayIIP

Share this:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya...

 
Back To Top
Copyright © 2014 Teh Deska. Designed by OddThemes