Because You Are Special - Teh Deska Because You Are Special - Teh Deska
TERBARU

Because You Are Special

Because You Are Special
1.      Keistimewaan Wanita

Berbahagialah wahai muslimah, karena dirimu begitu istimewa. Allah telah menciptakanmu dengan berbagai keindahan. Bahkan dalam Alquran, namamu terlukis indah mengalun dalam ayat-ayat cinta-Nya. Rasulullah saw. pun begitu memuliakanmu, menghormati, dan menyayangimu.

Dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Dunia ini adalah perhiasan/kesenangan dan sebaik-baik perhiasan/kesenangan dunia adalah wanita yang shalihah.” (HR. Muslim,Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Berbahagialah wahai muslimah, karena dirimu begitu istimewa. Allah telah menciptakanmu dengan berbagai keindahan. Bahkan dalam Alquran, namamu terlukis indah mengalun dalam ayat-ayat cinta-Nya. Rasulullah saw. pun begitu memuliakanmu, menghormati, dan menyayangimu.


Semoga kita dapat menjadi wanita shalihah yang menjadi perhiasan dan sebaik-baik perhiasan yang ada di dunia ini. Bahkan bidadari pun cemburu kepada wanita shalihah karena kita tercipta sebagai wanita yang berjuang dengan segala tantangan yang ada untuk senantiasa taat kepada perintah Allah swt. dan menjauhi larangn-Nya. Tak mudah memang untuk dapat melaluinya, namun perjuangan kita akan Allah ganti dengan surga yang begitu indah. Bahkan wanita shalihah akan menjadi ratu para bidadari di surga kelak.
Ketika kita membayangkan sebuah perhiasan, maka yang terlintas adalah emas, berlian, intan, permata dan perhiasan-perhiasan lain yang tampak indah memesona. Perhiasan-perhiasan itu terlihat indah karena nilainya yang sangat berharga. Tidak semua orang dapat memiliki perhiasan tersebut. Tersimpan dalam etalase yang terjaga dengan baik sehingga tak mudah dipegang begitu saja. Dari luar tampak begitu indah begitu pula isi yang terkandung dalam perhiasan itu bernilai sangat tinggi.
Begitulah gambaran kita wahai muslimah. Perhiasan dunia yang Allah ciptakan dengan segala keindahan. Sebaiknya anugerah Allah ini kita jaga dengan baik. Kita hiasai dengan keimanan dan ketakwaan sehingga tidak hanya tampak indah dari luar saja, namun pancaran keshalihan pun ada dari dalam diri kita. Di mana pun diri kita berada, ke mana pun kaki ini melangkah Allah senantiasa menjaga kita karena kita memiliki iman dalam hati yang takkan tergantikan oleh apapun
Seperti belian yang begitu indah, di mana pun ia berada, ia tetap menjadi berlian yang bernilai. Bahkan ketika ia berada dalam kubangan lumpur sekalipun, ia tetap berlian yang indah. Tidak terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya bahkan memberikan keindahan pada sekelilingnya. Wanita shalihah pun harus menjadi seperti berlian, ketika di luar sana banyak godaan, namun kita mampu menjaga diri dan hati kita. Menjadikannya tetap suci tak ternoda. Wanita shalihah mampu mewarnai lingkungan dengan keshalihannya, tidak terwarnai dan menjadikannya jauh dari Islam.
Allah swt. Yang Maha Penyayang telah menjadikan Alquran sebagai pedoman bagi hidup kita. Bahkan satu surat di dalam Alquran mengandung nama perempuan yakni surat “An-Nisa“.  Betapa Allah swt. sangat memperhatikan kita, kita hanya harus mengikuti segala aturan-Nya untuk menjaga diri kita dari kelalaian. Semua panduan untuk kita sudah tercantum jelas di dalam Alquran, karena Alquran merupakan pedoman hidup bagi kita. Ketika kita mampu menjalankannya, maka akan kita peroleh bahagia tidak hanya di dunia namun sampai akhirat.

Dari Abu Hurairah radiyallahu’anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallahu ‘alaihi wassallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallahu ‘alaihi wassallam menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallahu ‘alaihi wassallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersyukurlah kita terlahir sebagai seorang wanita, menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua, menjadi istri yang taat pada suami, dan menjadi ibu yang menjaga anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Rasulullah saw. pun dalam hadis di atas begitu memuliakna wanita. Bahkan menyebut kata ibumu sebanyak tiga kali lalu ayahmu satu kali setelahnya. Artinya seorang anak harus berbakti kepada ibu dan ayahnya, serta mendahulukan ibu untuk dihormati. Karena betapa mulianya seorang ibu mampu mengandung, melahirkan, dan membesarkan anak-anaknya.

“Di balik kelembutan seorang wanita, ia dapat mengayun buaian dengan tangan kanannya dan mengguncang dunia dengan tangan kirinya”

Allah Ar-Rahman Ar-Rahim telah meniupkan ruh kasih sayang kepada wanita, sehingga dijadikannya sifat lemah lembut, penyayang, dan penuh cinta dalam diri kita. Namun hal tersebut tidak menjadikan kita lemah dan tak berdaya, justru dibalik sifat yang lembut terdapat kekuatan yang mampu menjadikan kita tegar saat menghadapi berbagai ujian. Seorang wanita akan menjadi ibu yang penuh penyayang, menjaga, serta mendidik putra-putrinya. Di samping itu, wanita mampu membangun sebuah peradaban dengan kekuatannya.

Seorang penyair Arab mengatakan, “Al Ummu Madrosatul Ula, Idzaa A’dadtaha A’dadta Sya’ban Khoirul ‘Irq ( Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya, jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa berakar kebaikan).

Dari rahim wanitalah terlahir generasi-generasi yang akan membangun bangsa. Karena itu, kita perlu mempersiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya. Mulai dari hati kita yang senantiasa kita hiasi dengan keimanan, serta kita pun harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal di masa mendatang. Baik ilmu tentang Islam, ilmu pengetahuan umum, ilmu kerumahtanggaan, dan masih banyak ilmu lain yang harus kita pelajari.
Kita harus menjadi ibu yang cerdas, sebab kita akan menjadi sekolah pertama bagi anak-anak kita. Mereka belajar dari kita untuk mengenal kehidupan pertama kalinya saat terlahir ke dunia. Kitalah yang menjaga mereka dari segala ancaman, kita yang merawat mereka, bahkan seorang ibu rela dirinya terluka demi menjaga anaknya. Kita pula yang mendidik dan mengajarkan mereka tentang berbagai hal agar mereka siap dan mampu menghadapi setiap tantangan. Agar mereka dapat menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah, generasi yang dapat membangun bangsa dan agama.

Meski tidak selalu mudah untuk dapat melalui segala tantangan, terlebih lagi pada zaman yang sangat global ini. Dengan segala bentuk godaan seperti mode pakaian yang jauh dari syariat, tontonan-tontonan yang kebanyakan ‘menjual’ wanita, hingga segala bentuk rayuan yang mampu menggoyahkan hati. Di sinilah kita perlu menguatkan hati dan keimanan. Karenanya, tulisan ini hadir agar mampu menjadi sebuah panduan bagi muslimah untuk kehidupannya. Because you are special, karena kita begitu istimewa.




Share this:

1 comment :

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya...

 
Back To Top
Copyright © 2014 Teh Deska. Designed by OddThemes