Semangat di Tahun Baru - Teh Deska Semangat di Tahun Baru - Teh Deska
TERBARU

Semangat di Tahun Baru

RAKA DAN RAI

Semangat di Tahun Baru

            Hari ini, Raka dan Rai terlihat sangat bahagia. Mereka berkumpul bersama ayah dan ibu di rumah.
            “Anak-anak, besok akan berganti tahun. Kita harus berusaha menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya,”ucap ayah saat menikmati kue dan teh hangat buatan ibu sore itu.
            “Apa yang udah kalian persiapkan untuk menyambut tahun yang baru?” tanya ayah pada kedua anaknya.
            “Kita udah siapin terompet! Agar tahun baru jadi tambah seru!” jawab Rai sambil membawa terompet yang dibuatnya sendiri di sekolah.
            “Ayah, kalau tahun baru, Raka pengen punya baju baru dong... biar menyambut tahun barunya jadi semangat kalau pakai baju baru...!” pinta Raka pada ayahnya sedikit memaksa.
            “Emang kalau tahun baru, semuanya juga harus baru, gitu?” tanya ibu.
            Raka dan Rai terlihat berpikir sebelum menjawab pertanyaan dari ibu.
            “Iya dong Bu, kan tahun baru, baju baru, sepatu baru, tas baru, dan... pokoknya semuanya baru deh....!” jawab Raka, berharap ibu menyetujui ucapannya. Rai mengangguk-angguk tanda setuju dengan kakaknya.
            “Hmm, kalau gitu, enak dong! Apalagi kalau tahun barunya tiap hari ya? Semuanya bisa baru...!” ucap ibu menanggapi ucapan Rai. Sementara itu, Raka dan Rai hanya tersenyum.
            “Ya, semuanya boleh baru, tapi makna tahun baru bukan hanya itu aja sayang,” jelas ayah.
            “Tahun baru, berarti kita masuk pada semangat yang baru. Semangat untuk menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya,” tambahnya.
            “Nah, kalian juga harus punya semangat yang baru. Semangat mejadi anak-anak yang shaleh, cerdas, dan jadikan tahun baru ini sebagai perubahan awal hari baru kalian, siap?!” ucap ibu. Raka dan Rai saling berpandangan dan tersenyum karena sekarang mereka paham tentang makna tahun baru itu.
            “Siap...!!!” jawab mereka serempak.
            Setelah mendengar penjelasan dari ayah ibunya, Raka dan Rai menjadi tambah semangat untuk menyambut tahun baru di esok hari.
            Malamnya usai shalat, bersama ayah dan ibu mereka mempersiapkan penyambutan tahun baru, bukan dengan terompet atau petasan yang bisa membuat orang lain terganggu, tetapi dengan berdo’a memohon ampunan atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan tahun lalu dan memohon agar diberi kebahagiaan di tahun baru.
            Saat tahun baru tiba, Raka dan Rai begitu semangat menyambut kedatangannya. Mereka tidak lagi merengek-rengek minta dibelikan baju baru, karena kini mereka sudah mengerti bahwa yang harus diperbaharui adalah semangat mereka untuk meraih cita-cita setinggi langit.
            Tapi, ternyata ayah dan ibu sudah mempersiapkan kejutan untuk mereka.
            “Sebuah sepatu baru! Supaya kalian bisa melangkah menuju masa depan dengan semangat baru!” ucap ayah sambil memberikan hadiah kepada Raka dan Rai.
            “Anak-anak, ini hadiah dari ayah dan ibu, karena kalian udah punya semangat yang tinggi!” tambah ibu.
            Betapa bahagianya Raka dan Rai. Tahun baru merupakan kado terindah untuk mereka.
            “Semangat!”


                      Baca Kompilasi Cerita Anak lainnya ...
(Deska Pratiwi)

Share this:

 
Back To Top
Copyright © 2014 Teh Deska. Designed by OddThemes