Belajar Sebelum Ulangan - Teh Deska Belajar Sebelum Ulangan - Teh Deska
TERBARU

Belajar Sebelum Ulangan

Raka Rai
Belajar Sebelum Ulangan

            Di sekolah, anak-anak kelas 1A terlihat sibuk membaca buku pelajaran. Mereka sedang menghafal, karena hari ini ada ulangan. Raka terlihat begitu tenang menghafal, berbeda dengan teman-teman yang lainnya, mereka sibuk membuka-buka buku dengan panik.
            “Raka, aku lihat, kamu tenang banget menghafalnya, kamu udah siap ya ulangan sekarang?” Tanya Rio teman sebangkunya.
            “Iya dong, kan aku udah menghafal dari kemarin di rumah, jadi sekarang hanya tinggal mengulang baca aja,” jawab Raka.
            “Kamu enak ya… Aku kemarin ngga belajar, keasyikan bermain. Jadi sekarang belum menghafal buat ulangan…” ucap Rio menyesal.
            Di kelas, bukan hanya Rio saja yang sibuk menghafal dari awal, tapi beberapa anak yang lain juga banyak yang sibuk menghafal pagi itu.
            “Aku diajarkan sama ibu dan ayah, untuk tidak menunda pekerjaan rumah, termasuk belajar buat ulangan,” jelas Raka.
            “Iya ya, padahal ibu guru udah ngasih tau mau ada ulangan hari ini, tapi kita malah menunda-nunda untuk belajar…” sesal Rio.
            “Makanya, kita harus pandai bagi-bagi waktu di rumah, waktu buat belajar dan waktu buat bermain,” jelas Raka lagi.
            “Jadi, semuanya bisa seimbang, berangkat ke sekolah juga jadi tenang, karena kita udah belajar dulu di rumah,” tambahnya.
            Mendengar penjelasan Raka, teman sebangkunya itu terdiam sejenak memikirkan ucapan Raka.
            “Aku menyesal, kenapa kemarin ngga belajar di rumah, aku menyesal udah menyia-nyiakan waktu….” Ucap Rio akhirnya.
            “Ya sudahlah, masih ada waktu untuk berubah, kawan… untuk belajar sungguh-sungguh,” pesan Raka mengingatkan.
            “Terima kasih Raka, aku beruntung punya teman kayak kamu,” ucap Rio.
            “Ya sama-sama…” balas Raka.
            Tak lama kemudian, ibu guru datang memasuki kelas dengan setumpuk kertas ulangan di tangannya.
            “Assalamu’alaikum…” sapa bu guru.
            “Wa’alaikum salam…” jawab anak-anak serempak.
            “Anak-anak, hari ini kita ulangan. Kalian sudah siap?! Tanya bu guru setelah meletakkan buku dan kertas-kertasnya di atas meja.
            “Siap…!” jawab sebagian siswa, termasuk Raka yang sudah siap mengikuti ulangan. Tapi, sebagian yang lainnya hanya menjawab dengan pelan.
            “Lho, kok kalian seperti tidak semangat untuk ulangan hari ini?” Tanya bu guru memperhatikan seluruh muridnya.
            “Maaf Bu, saya belum belajar untuk ulangan sekarang,” jawab Rio jujur.
            “Kenapa belum belajar? Ibu kan sudah memberikan waktu supaya kalian bisa belajar di rumah,” Tanya bu guru lagi.
            “Iya, maaf bu, saya lupa karena keasyikan bermain di rumah,” sesal Rio. Sementara, bu guru hanya terdiam sebentar.
            “Baiklah, sekarang ibu beri waktu lima belas menit untuk kalian belajar sebelum ulangan, supaya ada gambaran dan mudah mengerjakan ulangan ini,” ucap bu guru akhirnya dengan bijak.
            “Tapi, lain waktu, ibu tidak ingin kejadian ini terulang lagi. Kalian harus belajar lebih rajin dan sungguh-sungguh!” tambah bu guru menegaskan .
            “Iya, terima kasih Bu…” jawab anak-anak serempak. Mereka menyesal dan berjanji untuk belajar lebih rajin.

            Baca Kompilasi Cerita Anak lainnya ...
(Deska Pratiwi)

Share this:

 
Back To Top
Copyright © 2014 Teh Deska. Designed by OddThemes